Rabu, 21 Desember 2011

Belajar dari motor..

Sudah dua hari  ini, saya pakai scooter matic, yang tidak pernah saya pakai sebelumnya..memang sudah pernah pakai, tapi paling cuma beberapa kali.. Sayangnya, saya tidak terlalu seru pakai motor jenis ini, alias terlalu santai, dan bahkan membuatku jadi merasa lucu.. Bagaimana tidak, yang kita lakukan, hanya tarik gas motor, paling gak pegang rem, tanpa harus kita memikirkan, harus pakai "gigi" berapa di tanjakan? di tikungan tajam? ataupun di jalanan yang menurun, apalagi dengan saya yang sudah terbiasa dengan jalanan yang berliku-liku dan banyak rintangan, baik itu jalan yang sempit, licin, "becek", berpasir, dan kondisi jalan yang tidak memungkinkan. Maklumlah, dulu di kampung saya, jalanan belum begitu bagus, ditambah lagi, jalan menuju kebun kami.. Nah, di kota ini, memang tidak separah itu jalanan nya, tapi tetap saja saya lebih enjoy pake motor yang pake "gigi".. Saya jadi ke inget, waktu Bapak saya ajarin saya bawa motor besar dulu.. Iya, motor Kawasaki Mercy, bodynya yang besar dan suaranya yang menggelegar..membuat kita harus ekstra hati-hati mengendarainya.. Saat itu, Bapak saya berkata " Kalo naik motor itu, harus pake otak Inang, harus pintar lihat kondisi jalanan, dan bentuk tikungan jalan.. tidak boleh asal bawa motor.. Apalagi bawa motor besar, yang lebih ribet dibanding motor bebek biasa.." Coz, kita harus bisa menyesuaikan antara rem, "gigi" dan kopling nya..dan itu benar-benar sangat sulit bagi para pemula yang ingin belajar, seperti saya waktu itu :)
Tau gak, waktu itu mama saya marah-marah sama Bapak dan bilang "anak perempuan kok diajarin bawa motor besar? kaya laki-laki aja" Bapak saya pun menjawab dengan santai " gak pa2 lah anak gadisnya Bapak agak preman sedikit" ha..ha... saya hanya bisa tertawa waktu itu.. Bapak is the best dah pokoknya.. mama juga is the best...walaupun kadang, mereka berbeda pendapat dalam menghadapi perkembangan saya waktu itu, tapi mereka benar2 orangtua yang paling hebat yang pernah ada..Ada mama yang marahin, ada Bapak yang kasih pandangan.. Ada Bapak yang marahin, ada mama yang beri pengertian.. hum,,, I Love You Mom.,Dad...can Us like You, be a best parents to my Son? ( yah.. malah curhat :))
Tapi benar-benar seru loh, naik motor yang pake kopling, memang kelihatannya gampang, tapi itu benar-benar butuh ke'klop'an antara rem, 'gigi' dan tarikan kopling.. apalagi  di jalanan yang curam, maupun tikungan tajam...

 
Kebayang gak sih.. gimana rasanya, tiba2 dengan santainya pake motor yang membuat kita amat teramat santai .. hadeh, saya benar2 gak srek , gak seru dan gak menantang... Mungkin, motor itu di desain khusus buat perjalanan yang santai kali yah, atau buat para pemula, supaya lebih mudah dalam mengendarai motor... But, percaya deh.. pake motor besar lebih seru dan lebih menantang, terlebih lagi dibutuhkan otak yang mampu membaca kondisi jalan, dan harus memperkirakan banyak hal lagi..
Dan satu lagi, motor itu sendiri juga harus butuh perawatan. Mulai dari perawatan motor bagian dalam, dan bagian luar tentunya. Sebagus apapun motor kita, kalau tidak dirawat, yah sama aja..
Mulai dari ganti oli sekali sebulan, perawatan ban, rem, oli shock breaker dan lain sebagainya.. biar bagaimanapun, motor juga punya daya maksimal masing2.. untuk itu butuh perawatan untuk me'refresh' kembali..
So.. bawa motor itu juga bisa dapat pelajaran seru.. What about you?

0 komentar:

Posting Komentar