Rabu, 18 April 2012

12 hari bersama "Uti"







Air mata di wajah Uti selalu membayangiku.. Uti menangis, saat saya sudah tidak lagi bersama beliau. Tugasku untuk menemani Uti selama yang punya rumah pergi pulang kampung sudah selesai, dan sayapun harus meninggalkan rumah itu, ktika mereka sudah tiba di Biak..
Entah kenapa Uti menangis... tapi yang pasti, 12 hari bersama beliau, merupakan hari-hari yang begitu bermakna bagi saya.. Banyak pelajaran berharga yang kudapat dari eyang uti.. Saya yakin, semuanya ini bukan hanya unsur kesengajaan, tapi sudah direncanakan oleh yang diatas.. Agar saya mengerti, betapa susahnya kehidupan, agar mengerti betapa berartinya sesuatu yang kecil, agar mengerti akan kesederhanaan, dan membuat saya untuk lebih mengerti, betapa beliau masih selalu semangat menjalani kehidupan..
Kata yang saya ingat dari Uti adalah "eman-eman".. Uti tidak mau, sedikutpun makanan yang terbuang, beliau selalu berkata, eman-eman to nduk, dihabisin...
"Nduk", itulah panggilan uti kepada saya.. "Makan nduk, kalo nduk nggak mau makan, Uti juga gak mau makan". Tak sering, saya hampir kewalahan menghadapi Uti, setiap malam, saya selalu "sms"an dengan suami saya, dan cerita tentang bagaimana "bete"nya menghadapi Uti.. Dan seperti biasanya, suami saya hanya bilang,"Orang tua memang begitu, maklum aja.. nanti juga Bapak Ibu Lampung pasti begitu, makanya harus belajar mulai dari sekarang"..

Saya bete, di asat Uti tidak mau berhenti bekerja, sekedar minum susu, apabila pekerjaannya belum selesai..sampai suatu saat, saya membawakan susu buat Uti, yang saat itu masih asik nyacah makanan ternak, sambil mengendong Damar, sayapun menyuapkan Uti roti dan susu..Saya khawatir, uti lapar dan jatuh sakit, saya jengkel, kalo Uti tidak mau dipijitin atau diurut badannya, padahal saya tahu badannya lagi pegal semua, lebih menjengkelkan lagi, kalo Uti arah-marah saat saya mencuci pakaian beliau, atau kerja ini dan itu sambil jagain Damar. "Ojo nyambi to nduk, jaga Damar dulu"..
Tapi saya gak bisa, saya gak bisa tinggal diam, saya gak tega lihat Uti ngangkatin air, puluhan ember untuk membersihkan kandang-kandang ternak.. saya hanya bisa curhat pada suami saya, dan bilang, kalo tadi gak bisa bantuin Uti, karna Damar gak pengen ditinggal dan ajak main.. Lagian, tak mungkin membawa Damar ke  area kandang..
Di usia Uti yang mau menginjak kepala 7, uti masih kuat bekerja, disaat kami baru selesai menikmati makan siang, pasti beliau langsung ingin mengerjakan ini dan itu..
Uti selalu bangun duluan, disaat saya masih tidur, karna Damar tidak bisa tidur nyenyak disana, karna suara anjing yang ribut tiap malam lah, dan aroma kandang yang memang kurang nyaman.. yang membuat saya begadang terus disana, dan tidur jam 3, bahkan jam 4 pagi..
Saya terkejut, ketika bangun pagi, Uti sudah membuatkan saya susu.. saya pergi ke kandang, dan Uti bilang"diminum susunya nduk, kasihan semalaman gak bisa tidur, jangan sampai sakit lho nduk."
Uti begitu perhatian pada saya dan Damar.. Apalagi kalau Uti ngajak Damar main, maka Utipun berlagak persis seperti anak kecil.. Uti paling senang sayur bening buatan saya, walaupun itu memang saya masak khusus buat Damar, dan buat saya dan Uti saya masak menu lain. Tiap malam, kita selalu berbincang tentang menu masakan buat keesokan harinya..Menu kita juga enak lho, hari ini sup ayam kampung, besok pecel tahu tempe, besok nyambel ikan, besoknya soto ayam kampung (maklum ayam kampungnya banyak) dan malam terakhir disana, Uti pengen dimasakin tahu tempe bacem..
 Oh ya, beliau juga sangat sayang sekali pada suami saya, apa karna mereka punya keterikatan batin, karna sama-sama javanese :)  Setiap saya selesai masak, pasti yang pertama kali Uti katakan," papanya Damar sudah di telpon, suruh makan disini" atau kalo nggak di anterin aja sana... Pernah satu kali, saya sms papa, dan bilangnya mau datang.. Kita tunggu sampai siang, tak kunjung datang juga, sampai Uti marah dan bilang, udah jam berapa ini, belum makan, anterin aja makanannya nduk, gitu kata beliau...tapi, cuaca saat itu gak mendukung, untuk saya pergi.. Eh ternyata, papa juga lagi sibuk, belum lagi ada orang yang lagi kursus..dan jadlilah papa datang jam 5 sore.. Uti     betanya, kenapa baru jam segini baru datang, dan bla..bla.bla..
Saya masih merasa punya "utang sama Uti".. ketika pulang ibadah Jumat Agung, saya dan suami berniat membawa Uti makan "Coto Makassar", tapi ternyata, sudah habis.. padahal ketika diperjalanan menuju kesana, saya bertanya kepada Uti, "Mau makan Coto gak Uti?" iya nduk, Uti belum pernah akan Coto, balas beliau.. Dan sampai sekarang, dan besok Uti kembai ke Nabire.. Uti belum jadi makan Coto...
Tapi, Uti memang benar-benar lucu.. beliau bisa hafal semua nama-nama artis, dan hampir semua reklame beliau kritik, hehe namanya juga orangtua, begitu kata suami saya...
Apa memang begitu yah orang tua?? saya masih ingat malam terakhir saya tidur disana, Uti masih saja menolak dipijitin, sampai akhirnya, saya pijit aja trus.. Uti marah, saya gak peduli..Bagaimana tidak, sampai jam 9 malam, Uti masih masak makanan ternak, saya hanya bisa memasak air, untuk mandinya Uti..
Uti..Uti.. kenapa saya bisa bertemu dengan Uti, apa karna kebetulan saya sudah selesai PKL, atau kebetulan saya lagi libur kuliah, atau kebetulan ini dan itu.. Saya yakin tidak...
Besok..Uti akan kembali ke Nabire, pulau yang lumayan jauh untuk saya kunjungi, tapi saya gak akan lupa sama Uti.. Semua tentang Uti tidak bisa saya tulis dengan kata-kata. Kasih sayang Uti, pelajaran yang kudapat dari Uti akan selalu tinggal dalam hati saya..
Tak lupa saya print foto saya dan Uti waktu Misa Pekan suci.. Uti sangat senang, saat melihat foto itu, dan berjanji akan menghubungi kami, kalo Uti sudah di rumahnya..
Thanks for all Uti..





0 komentar:

Posting Komentar