Senin, 02 April 2012

Cooking...

Apakah anda suka memasak??  Yupz.. saya sangat suka memasak....
Walaupun saya belum lihai dalam memasak masakan ala resto :)
Bagi saya, di pagi hari itu, adalah hal yang spesial.. memasak, menyiapkan sarapan pagi buat suami dan si buah hati.. Masakan saya sangat sederhana.. tidak pake embel-embel MSG, penyedap rasa, atau apalah.. yang biasa orang pakai untuk "mempermak" masakannya. Percaya gak, di lemari dapur, hanya ada garam, kecap manis, dan bumbu masak. Itupun bumbu masak ala kadarnya, cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kencur dan daun salam.
Walaupun hanya bahan-bahan tersebut yang ada di dapur, tapi saya tetap bisa membuat masakan spesial tiap hari... Oh ya, kebetulan memang saya dan suami tidak terlalu suka dengan rasa yang "aneh" dan berlebihan. Jadi, gak harus bingung mau masak masakan ala apapun, cukup masakan sederhana alias masakan tradisional..
Tapi, jangan salah dulu, malaupun tradisional, rasanya tetap nomor satu...!
Memasak itu gampang-gampang susah... tergantung kokinya bisa membaca "kemauan" pelanggan :)
Kalo hari ini hujan, cocoknya masak masakan yang hangat dan pedas.. tapi, kalo cuaca hujan, masakannya yang ringan-ringan aja, mungkin tahu tempe bacem dengan bayem disantan gitu..
Buat saya, masakan di rumah  itu harus ada 2 macam.. untuk orang dewasa dan bayi.
Sesibuk apapun, saya selalu menyempatkan diri untuk memasak.. saya tidak akan rela, kalau anak saya makan makanan instan, atau jajanan yang sedang marak di luar sana.. belum higienis nya, belum yang lainnya..aduh.. gak nyaman deh rasanya, kalau harus memberikan anak kita makanan instan atau sejenis apapun itu. Memang dari anak kami masih bayi, saya dan suami sudah komitmen tidak akan memberikan bubur instan atau makanan lain selain masakan saya sendiri.. bahkan untuk sejenis bakso atau nugget atau soziz pun belum pernah dimakan anak saya.. kalaupun nanti anak saya pengen makan, lebih baik buat bakso ikan buatan sendiri..
Masakan suami saya juga gak kalah enak.. kamipun kadang gantian memasak..bukan gantian sih, kalau saya sibuk, suami saya memang punya inisiatif sendiri untuk memasak..apalagi untuk anak kami. Sayur bening dan sayur soup buatan suami saya, nomor satu deh :)
Kalau buat orang dewasa, suami sering masak nasgor, opor ayam dan telur sambel...
Oh ya buat cemilan juga sangat sederhana, saya gak terlalu mikir makanan yang ribet, cukup kukus pisang atau ubi jalar, di kupas, di belah dua , diolesi blue band dan diparut keju diatasnya.. atau mau makan gitu aja juga enak kok... atau buat perkedel juga bisa.Umbi-umbian itu juga kan kaya akan serat..
bubur kacang ijo juga bagus lho... kalau untuk orang dewasa sih.. cukup tempe di goreng pake tepung yang sudah diaduk dengan telur dan bawang putih yang sudah ditumbuk halus dan ditambah garam sedikit... Sangat cocok buat cemilan di sore hari, atau untuk sarapan pagi juga bisa, kolak pisang atau kolak singkong, atau apa aja deh yang bisa diolah dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita.. Kalau sempat, saya buatin kue sendiri,
Intinya sih, gimana kreasi kita dalam memasak, jangan menunya itu-itu aja. ato jangan masakannya 'kering semua, harus ada 'kuah' nya.. biar acara makan jadi seru...
So.. mari memasak.. selain hemat, kita bisa mengatur asupan gizi anak kita, suami kita.. dan yang pastinya, terjamin kebersihannya.
Walapuun begitu, makan di luar sekali seminggu, atau sekali dua minggu juga penting, untuk mendapat suasana baru..Yang pasti, makan masakan kita di rumah itu sangat penting..

0 komentar:

Posting Komentar